Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah

ULAMA AHLI HADITS

بسم الله الرحمن الرحيم

Utsaimin2Nasab (Silsilah Beliau)

Beliau bernama Abdillah Muhammad bin Shalih bin Muhammad bin Utsaimin al-Wahib at-Tamimiy. Dilahirkan di kota Unaizah tanggal 27 Ramadlan 1347 Hijriyah.

Pertumbuhan Beliau

Beliau belajar membaca alqur’an kepada kakeknya dari ibunya yaitu Abdurrahman bin Sulaiman Ali Damigh rahimahullah, hingga beliau hafal. Sesudah itu beliau mulai mencari ilmu dan belajar khath (ilmu tulis menulis), ilmu hitung dan beberapa bidang ilmu sastra.

Asy-Syaikh Abdurrahman as-Sa’diy rahimahullah menugaskan kepada 2 orang muridnya untuk mengajar murid-muridnya yang kecil. Dua murid tersebut adalah asy-Syaikh Ali Ash-Shalihin dan asy-Syaikh Muhammad bin Abdil Aziz Al-Muthawwi’ rahimahullah. Kepada yang terakhir ini beliau (asy-syaikh Utsaimin) mempelajari kitab Mukhtasar al-Aqidah al-Wasithiyah dan Minhaj Salikin fi al-Fiqh karya asy-Syaikh Abdurrahman as-Sa’diy dan al-Ajrumiyah serta Alfiyyah.

Disamping itu, beliau belajar ilmu faraidl (waris) dan fiqh kepada asy-Syaikh Abdurrahman bin Ali bin ‘Audan. Sedangkan kepada syaikh (guru) utama beliau yang pertama yaitu asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’diy, beliau sempat mengkaji masalah tauhid, tafsir, hadits, fiqh, ushul fiqh, faraidl, musthalah al-Hadits, nahwu dan sharaf.

Beliau mempunyai kedudukan penting di sisi syaikhnya rahimahullah. Ketika ayah beliau pindah ke Riyadl, di usia pertumbuhan beliau, beliau ingin ikut bersama ayahnya. Oleh karena itu asy-Syaikh Abdurrahman As-Sa’diy mengirim surat kepada beliau, “Hal ini tidak mungkin, kami menginginkan Muhammad tetap tinggal di sini agar dapat bisa mengambil faidah (ilmu).”

Beliau (asy-Syaikh Utsaimin) berkata, “Sesungguhnya aku merasa terkesan dengan beliau (asy-Syaikh Abdurrahman rahimahullah) dalam banyak cara beliau mengajar, menjelaskan ilmu, dan pendekatan kepada para pelajar dengan contoh-contoh serta makna-makna. Demikian pula aku terkesan dengan akhlak beliau yang agung dan utama sesuai dengan kadar ilmu dan ibadahnya. Beliau senang bercanda dengan anak-anak kecil dan bersikap ramah kepada orang-orang besar. Beliau adalah orang yang paling baik akhlaknya yang pernah aku lihat.”

Beliau belajar kepada asy-Syaikh Abdul Aziz bin Baz -sebagai syaikh utama kedua bagi beliau- kitab Shahih al-Bukhoriy dan sebagian risalah-risalah Syaikh al-Islam Ibnu Taimiyyah serta beberapa kitab-kitab fiqh.

Beliau berkata, “Aku terkesan terhadap asy-syaikh Abdul Aziz bin Baz hafizhohullah karena perhatian beliau terhadap hadits dan saya juga terkesan dengan akhlak beliau karena sikap terbuka beliau dengan manusia.”

Pada tahun 1371 H, beliau duduk untuk mengajar di masjid Jami’. Ketika dibukanya ma’had-ma’had al ilmiyyah di Riyadl, beliau mendaftarkan diri di sana pada tahun 1372 H. Berkata asy-Syaikh Utsaimin hafizhohullah, “Saya masuk di lembaga pendidikan tersebut untuk tahun kedua seterlah berkonsultasi dengan asy-Syaikh Ali ash-Shalihin dan sesudah meminta ijin kepada asy-Syaikh Abdurrahman As-Sa’diy rahimahullah. Ketika itu ma’had al ilmiyyah dibagi menjadi 2 bagian, umum dan khusus. Saya berada pada bidang yang khusus. Pada waktu itu bagi mereka yang ingin “meloncat” -demikian kata mereka- ia dapat mempelajari tingkat berikutnya pada masa libur dan kemudian diujikan pada awal tahun ajaran kedua. Maka jika ia lulus, ia dapat naik ke pelajaran tingkat lebih tinggi setelah itu. Dengan cara ini saya dapat meringkas waktu.”

Sesudah 2 tahun, beliau lulus dan diangkat menjadi guru di ma’had Unaizah al-‘Ilmi sambil meneruskan studi beliau secara intishab (Semacam Universitas Terbuka -red) pada fakultas syari’ah serta terus menuntut ilmu dengan bimbingan asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’diy.

Ketika asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’diy wafat, beliau menggantikan sebagai imam masjid jami’ di Unaizah dan mengajar di perpustakaan nasional Unaizah disamping tetap mengajar di ma’had al-Ilmi. Kemudian beliau pindah mengajar di fakultas syari’ah dan ushuludin cabang universitas al-Imam Muhammad bin Su’ud al-Islamiyah di Qasim. Beliau juga termasuk anggota Hai’ah al-Kibar al-Ulama di Kerajaan Arab Saudi. Asy-Syaikh Hafizhohullah mempunyai banyak kegiatan dakwah kepada Allah serta memberikan pengarahan kepada para da’i di setiap tempat. Jasa beliau sangat besar dalam masalah ini.

Perlu diketahui pula bahwa asy-Syaikh Muhammad bin Ibrahim rahimahullah telah menawarkan bahkan meminta berulang kali kepada asy-Syaikh Utsaimin untuk menduduki jabatan Qadhi (hakim), bahkan telah mengeluarkan surat pengangkatan sebagai ketua pengadilan agama di al-Ihsa, namun beliau menolak secara halus. Setelah dilakukan pendekatan pribadi, asy-Syaikh Muhammad bin Ibrahim pun mengabulkannya untuk menarik dirinya (asy-Syaikh Utsaimin -red) dari jabatan tersebut.

Manhaj Ilmiah Beliau

Asy-Syaikh Ibnu Utsaimin telah menjelaskan manhajnya dan berkali-kali menyatakannya secara terang-terangan bahwa dia mengikuti cara yang diambil oleh Syaikh beliau, al-’Allamah Abdurrahman bin Nashir as-Sa’diy, yaitu keluar dari manhaj yang lazim dipakai oleh seluruh ulama Jazirah Arab atau mayoritasnya yang berpegang kepada madzhab Hambaliy di dalam furu’ (cabang-cabang) masalah-masalah hukum fiqh dan (khususnya) kepada kitab Zad al-Mustaqni’ Fi Fiqh al-Imam Ahmad bin Hambal. Guru beliau, asy-Syaikh Abdurrahman as-Sa’diy memang dikenal sebagai orang yang keluar dari madzhab Hambaliy dan tidak terpaku kepadanya di dalam banyak masalah.

asy-Syaikh as-Sa’diy banyak mengadopsi pendapat-pendapat Syaikh al-Islam Ibnu Taimiyah dan muridnya, Ibnu al-Qayyim dengan menguatkan pendapat keduanya atas pendapat Madzhab Hambaliy. Beliau ini bukan orang yang berpikiran Jumud (kaku) terhadap suatu madzhab tertentu akan tetapi semata-mata yang mencari al-haq. Sifat inilah yang kemudian melekat dan pindah pada diri muridnya, asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin.

Guru-Gurunya
1. Asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’diy rohimahullah.

2. asy-Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rohimahullah.

3. asy-Syaikh Muhammad al-Amin asy-Syinqithi rohimahullah,

4. asy-Syaikh Ali bin Hamad ash-Shalihin.

5. asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Aziz al-Muthawwi’ rohimahullah.

6. asy-Syaikh Abdurrahman bin Ali bin Audan rohimahullah.

7. asy-Syaikh Abdurrahman bin Sulaiman Ali Damigh rohimahullah.


Karya-karya Beliau

Buku-buku yag telah ditulis oleh asy-Syaikh Utsaimin diantaranya adalah sebagai berikut,

1). Talkhish al-Hamawiyah, selesai pada tanggal 8 Dzulhijah 1380 H.

2). Tafsir Ayat al-Ahkam (belum selesai).

3).  Syar-h Umdat al-Ahkam (belum selesai).

4). Musthalah al-Hadits.

5). Al-Ushul min Ilmi al-Ushul.

6). Risalah fi al-Wudlu wa al-Ghus-l wa ash-Sholah.

7). Risalah fi al-Kufri Tariki ash-Shalah.

8). Majalis  ar-Ramadlan.

9). Al-Udl-hiyah wa az-Zakah.

10). Al-Manhaj li Muridi al-Hajj wa al-Umrah.

11). Tas-hil al-Faraidl.

12). Syar-h Lum’ah al-I’tiqad.

13). Syar-h al-Aqidah al-Wasithiyah.

14). Aqidah Ahlus Sunnah Wa al-Jama’ah.

15). Al-Qowaid al-Muts-la fi Sifatillah wa Asma’ihi al-Husna.

16). Risalah fi Ann ath-Thalaq ats-Tsalats Wahidah Walau Bikalimatin (belum dicetak).

17). Takhrij Ahadits ar-Raudl al-Murbi’ (belum dicetak).

18). Risalah al-Hijab.

19). Risalah fi ash-Sholah wa ath-Thaharah li Ahli al-A’dzar.

20). Risalah fi Mawaqit ash-Sholah.

21). Risalah fi Sujud as-Sahwi

22). Risalah fi Aqsam al-Mudayanah.

23). Risalah fi Wujubi Zakat al-Huliyyi.

24). Risalah fi Ahkam al-Mayyit wa Ghuslihi (belum dicetak).

25). Tafsir Ayat al-Kursi.

26). Nail al-Arab min Qawaid Ibnu Rajab (belum dicetak).

27). Ushul wa Qowa’id Nudlima ‘Alal Bahr ar-Rajaz (belum dicetak).

28). Ad-Diya’ al-Lami’ min al-Khithab al-Jawami’.

29). Al-Fatawa an-Nisaa’iyyah

30). Zad ad-Da’iyah ilallah Azza wa Jalla.

31). Fatawa al-Hajj.

32). Al-Majmu al-Kabir Min al-Fatawa.

33). Huquq Da’at Ilaihal Fithrah wa Qarraratha asy-Syar’iyah.

34). Al-Khilaf Bain al-Ulama, Asbabuhu wa Muaqifuna Minhu.

35). Min Musykilat asy-Syabab.

36). Risalah fi  al-Mash ‘ala al-Khuffain.

37). Risalah fi Qashri ash-Sholah li al-Mubtaisin.

38). Ushul at-Tafsir.

39). Risalah Fi ad-Dima’ ath-Tabiiyah.

40). As’ilah Muhimmah.

41). Al-Ibtida’ fi Kamali asy-Syar’i wa Khathari al-Ibtida’.

42). Izalat as-Sitar ‘An al-Jawab al-Mukhtar li Hidayati al-Mukhtar.

Dan masih banyak karya-karya beliau hafidahullah ta’ala yang lain. Wallahu ‘alam.

Wafat Beliau (keterangan tambahan)

Sekarang beliau telah meninggal dunia. Beliau meninggal pada hari Rabu 15 Syawal 1421 Hijriyah bertepatan dengan 10 Januari 2001 dalam usia yang ke 74. Semoga Allah merahmati beliau dan memberikan balasan yang setimpal kepada beliau atas jasa-jasa beliau kepada Islam dan Muslimin.

Sumber; http://ahlulhadist.wordpress.com

 SALAFY Edisi XIII/Sya’ban-Ramadlan/1417/1997.

Judul Asli, “Tokoh Ahlus Sunnah dari Unaizah”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s