KEUTAMAAN SURAT AL-KAHFI

cinta kajian sunnahHADITS SHAHIH TENTANG KEUTAMAAN SURAT AL-KAHFI

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat al-Kahfi merupakan salah satu dari surat Alquran al-Karim yang diletakkan pada surat ke delapan belas. Surat ini mempunyai keagungan dan keutamaan dibanding beberapa surat yang lain. Akan tetapi tidak sedikit dari kaum muslimin yang belum bahkan tidak mengetahui akan keagungan dan keutamaannya tersebut, sehingga sebagian mereka jarang atau bahkan hampir tidak pernah membaca dan apalagi menghafalnya. Hal tersebut dikarenakan keawaman dan kejahilan mereka dalam mempelajari agama mereka, khususnya tentang hadits-hadits shahih.

Pembacaan surat tersebut dikhususkan dibaca pada hari dan malam Jum’at. Namun sayangnya, mereka lebih suka dan antusias membaca surat Yasin yang dikhususkan pada malam Jumat dengan harapan mendapatkan keutamaannya. Padahal semua hadits yang menerangkan keutamaan surat Yasin tidak ada yang shahih datangnya dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam. [1]

Demikianlah keadaan umat Islam sejak masa lalu sampai sekarang ini. Mereka bersemangat mengamalkan hadits-hadits lemah dan palsu serta tidak jelas asal-usulnya, Namun sangat disayangkan mereka meninggalkan amalan-amalan sunnah yang telah dijelaskan di dalam-hadits-hadits shahih lagi tsabit dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Wallahul musta’an.

Adapun keutamaan dan keagungan surat al-Kahfi, maka akan diperoleh oleh setiap muslim dan muslimah yang membacanya dengan niat ikhlas demi mengharap wajah dan keridloan Allah Subhanahu wa ta’ala, mengimani dan menghayati makna-maknanya serta berusaha mengamalkan hukum dan pelajaran yang terkandung di dalamnya sesuai dengan tuntunan Nabi shallallahu alaihi wa sallam.

Berikut ini akan sebutkan beberapa hadits shahih tentang keutamaan surat al-Kahfi dengan riwayat dan derajatnya agar setiap muslim yang membacanya menjadi teguh dan mantap dalam memahami, meyakini dan mengamalkannya.

Hadits yang pertama

Dari Abu Sa’id al-Khudriy radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barangsiapa yang membaca surat al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jum’at”. [HR al-Hakim dalam al-Mustadrok: 3444 (III/ 117) dan an-Nasa’iy di dalam al-Yaum wa al-Lailah].

DERAJAT HADITS

al-Hakim berkata, “Isnad hadits ini shahih, akan tetapi keduanya (yaitu al-Imam al-Bukhoriy dan Muslim) tidak mengeluarkannya”.

Asy-Syaikh al-Albaniy berkata, “Shahih”. [Shahih al-Jami’ ash-Shaghir: 6470, dan Shahih at-Targhib wa at-Tarhib: 738, Misykah al-Mashabih: 2175 dan Irwa’ al-Ghalil: 626].

Dari Abu Sa’id al-Khudriy radliyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul Atiq (Mekkah)”. [HR ad-Darimiy:II/ 454 (3273) dan al-Baihaqiy di dalam Syu’ab al-Iman: 2444 (II/ 474)].

Asy-Syaikh al-Albaniy berkata, “Shahih”. [Shahih al-Jami’ ash-Shaghir: 6471, Irwa’ al-Ghalil: III/ 93 dan Shahih at-Targhib wa at-Tarhib: 738].

Hadits yang kedua

Dari Abu ad-Darda’ radliyallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

“Barangsiapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat al-Kahfi, niscaya dia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal. Dan di dalam riwayat lain disebutkan, “(sepuluh ayat terakhir) dari surat al-Kahfi”. [Diriwayatkan oleh Muslim: 809, Abu Dawud: 4323, Ahmad: VI/ 449, V/196, Ibnu Hibban: 786 (III/366), al-Hakim: 2443 (III/117), dan al-Baihaqiy dalam Syu’ab al-Iman: 2443 (II/474)].

DERAJAT HADITS

Al-Imam al-Hakim berkata, “Isnad hadits ini shahih, akan tetapi keduanya (yaitu al-Imam al-Bukhoriy dan Muslim) tidak mengeluarkannya”.

Asy-Syaikh al-Albaniy berkata, “Shahih”. [Mukhtashor Shahih Muslim: 2098, Shahih Sunan Abu Dawud: 3633, Silsilah al-Ahadits ash-Shohihah: 582 dan Shahih al-Jami’ ash-Shaghir: 6201].

Dan di dalam hadits lain dijelaskan maksud daripada perlindungan dan penjagaan dari fitnah Dajjal ialah sebagaimana sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam,

فَمَنْ أَدْرَكَهُ مِنْكُمْ فَلْيَقْرَأْ عَلَيْهِ فَوَاتِحَ سُورَةِ الْكَهْفِ -فَإِنَّهَا جِوَارُكُمْ مِنْ فِتْنَتِهِ

“…Maka barangsiapa di antara kalian yang menjumpainya (yaitu Dajjal), hendaknya ia membacakan di hadapannya ayat-ayat pertama surat al-Kahfi, karena ayat-ayat tersebut (berfungsi) sebagai penjaga kalian dari fitnahnya”.

[HR Abu Dawud: 4321 dan Muslim: 2937 (110), dari jalan an-Nawas bin Sam’an al-Kilabiy radliyallahu anhu].

Berkata asy-Syaikh al-Albaniy, “Shahih”. [Shahih Sunan Abu Dawud: 3631, Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah II/124 dan Tahqiq Misykah al-Mashabih: 5475].

Hadits yang ketiga

Dari Abu Sa’id al-Khudriy radliyallahu anhu berkata, telah bersabda Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam,

            مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ اْلكَهْفِ كَانَتْ لَهُ نُوْرًا إِلىَ يَوْمِ اْلقِيَامَةِ مِنْ مَقَامِهِ إِلىَ مَكَّةَ وَ مَنْ قَرَأَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ آخِرِهَا ثُمَّ خَرَجَ الدَّجَّالُ لَمْ يَضُرَّهُ

“Barangsiapa yang membaca surat al-Kahfi maka surat itu akan menjadi cahaya baginya sampai hari kiamat dari tempatnya sampai Mekkah. Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari akhirnya kemudian Dajjal keluar maka Dajjal itu tidak dapat membahayakannya”. [HR ath-Thabraniy di dalam al-Awsath, al-Hakim: 2116, adl-Dliya’, an-Nasa’iy dan Ibnu as-Sunniy di dalam Amal al-Yaum wa al-Lailah halaman 37].

DERAJAT HADITS

Asy-Syaikh al-Albaniy berkata, “Shahih”. [Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah: 2333, Irwa’ al-Ghalil: III/ 94, Shahih al-Jami’ ash-Shaghir: 6170, Shahih at-Targhib wa at-Tarhib: 220, Nail al-Awthar bi takhriij Ahadits Kitab al-Adzkar: 78 dan al-Wabil ash-Shayyib min al-Kalim ath-Thayyib halaman 341].

Adapun kesempatan membacanya dimulai sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis yang menunjukkan pergantian hari. Dan kesempatan ini berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’atnya.

Al-Imam al-Munawiy rahimahullah berkata, “Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Amali-nya berkata, ‘Demikian riwayat-riwayat yang ada menggunakan kata “Yaum al-Jum’ah” dan dalam beberapa riwayat lain “lailah al-Jum’ah”. Lalu dikompromikan bahwa maksud hari di sini adalah dengan malamnya dan maksud malam di sini adalah dengan siang harinya”. [Faidl al-Qadir Syar-h al-Jami’ ash-Shaghir: VI/199, Dar al-Ma’rifah Beirut].

Al-Imam al-Munawiy rahimahullah berkata lagi, “Maka disunnahkan membacanya (surat al-Kahfi) pada hari Jum’at dan begitu juga pada malamnya sebagaimana yang dinashkan oleh al-Imam asy-Syafi’iy radliiyallahu anhu”. [Faidl al-Qadir: VI/198].

Al-Imam asy-Syafi’iy rahimahullah berkata, “Dan telah sampai kepada kami bahwa barangsiapa yang membaca surat al-Kahfi ia akan terpelihara dari fitnah Dajjal. … Dan aku suka membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at dan siangnya berdasarkan riwayat yang telah datang tentangnya”. [Al-Umm, al-Imam asy-Syafi’iy: I/208, Dar al-Ma’rifah Beirut].

Al-Allamah Ibnu al-Qoyyim al-Jauziyyah rahimahullah berkata, “Maka di antara (amalan) khusus pada hari Jum’at adalah (amalan khusus yang kesepuluh) membaca surat al-Kahfi pada hari tersebut”. [Zad al-Ma’ad: I/ 377].

DR Muhammad Bakar Isma’il dalam al-Fiqh al-Wadlih min al-Kitab wa as-Sunnah menyebutkan bahwa di antara amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jum’at adalah membaca surat al-Kahfi berdasarkan hadits di atas. [Al-Fiqh al-Wadlih min al-Kitab wa as-Sunnah, halaman 241).

Demikianlah beberapa hadits shahih dan penjelasan tentang keutamaan dan keagungan surat al-Kahfi sebagai bahan rujukan dalam ilmu dan pondasi dalam mengamalkannya.

Mudah-mudahan kita semua diberi kemudahan oleh Allah untuk dapat mengamalkannya dengan ikhlas dan sesuai tuntunan Nabi shallallahu alaihi wa sallam.

Wallahu a’lam bish showab.

[1] https://cintakajiansunnah.wordpress.com/2014/01/03/akhi-bagi-yang-ingin-mengetahui-keutamaan-surat-yasin-ini-lho-hadits-haditsnya/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s