SURAT AL-JUMU’AH DAN KEUTAMAANNYA…

AL-JUMU’AH

(Hari Jumat)

MUQADDIMAH

SURAT AL-JUMU'AH

 

Surat al-Jumu’ah ini terdiri atas 11 ayat, termasuk golongan-golongan surat-surat Madaniyyah dan diturunkan sesudah surat ash-Shaff.

Nama surat al-Jumu’ah diambil dari kata al-Jumu’ah yang terdapat pada ayat 9 surat ini yang artinya: “hari Jumat”.

Pokok-pokok isinya:

Menjelaskan sifat-sifat orang-orang munafik dan sifat-sifat buruk pada umumnya, di antaranya berdusta, bersumpah palsu dan penakut; mengajak orang-orang mukmin supaya ta’at dan patuh kepada Allah dan Rosul-Nya dan supaya bersedia menafkahkan harta untuk menegakkan agama-Nya sebelum ajal datang.

سورة الجمعة

(HARI JUM’AT)

Surat ke 62 : 11 ayat

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمـَنِ الرَّحِيمِ

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

PENGUTUSAN MUHAMMAD SHALALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM ADALAH KARUNIA ALLAH KEPADA UMAT MANUSIA.

يُسَبِّحُ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ الْعَزِيزِ الْحَكِيمِ

1. Senantiasa bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولاَ مِّنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِن كَانُوا مِن قَبْلُ لَفِي ضَلاَلٍ مُّبِينٍ

2. Dia-lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rosul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah (as-Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata,

وَآخَرِينَ مِنْهُمْ لَمَّا يَلْحَقُوا بِهِمْ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

3. dan (juga) kepada kaum yang lain dari mereka yang belum berhubungan dengan mereka. Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

ذَلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَن يَشَآءُ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ

4. Demikianlah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah mempunyai karunia yang besar.

PERINGATAN KEPADA UMAT ISLAM SUPAYA JANGAN SEPERTI ORANG YAHUDI YANG TIDAK MENGAMALKAN ISI KITAB SUCINYA.

مَثَلُ الَّذِينَ حُمِّلُوا التَّوْرَاةَ ثُمَّ لَمْ يَحْمِلُوهَا كَمَثَلِ الْحِمَارِ يَحْمِلُ أَسْفَارًا بِئْسَ مَثَلُ الْقَوْمِ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِ اللَّهِ وَاللَّهُ لاَ يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ

5. Perumpamaan orang-orang yang dipikulkan kepadanya Taurat kemudian mereka tiada memikulnya [1] adalah seperti keledai yang membawa kitab-kitab yang tebal. Amatlah buruknya perumpamaan kaum yang mendustakan ayat-ayat Allah itu. Dan Allah tiada memberi petunjuk kepada kaum yang zhalim.

قُلْ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ هَادُوا إِن زَعَمْتُمْ أَنَّكُمْ أَوْلِيَآءُ لِلَّهِ مِن دُونِ النَّاسِ فَتَمَنَّوُا الْمَوْتَ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ

6. Katakanlah, “Hai orang-orang yang menganut agama Yahudi, jika kamu mendakwakan bahwa sesungguhnya kamu sajalah kekasih Allah bukan manusia-manusia yang lain, maka harapkanlah kematianmu, jika kamu adalah orang-orang yang benar”.

وَلاَ يَتَمَنَّوْنَهُ أَبَدًا بِمَا قَدَّمَتْ أَيْدِيهِمْ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِالظَّالِمِينَ

7. Mereka tiada akan mengharapkan kematian itu selama-lamanya disebabkan kejahatan yang telah mereka perbuat dengan tangan mereka sendiri. Dan Allah Maha Mengetahui akan orang-orang yang zhalim.

قُلْ إِنَّ الْمَوْتَ الَّذِي تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مُلاَقِيكُمْ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

8. Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan”.

BEBERAPA HUKUM YANG BERHUBUNGAN DENGAN SHOLAT JUM’AT.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِي لِلصَّلاَةِ مِن يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

9. Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat pada hari Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual-beli. [2] Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلاَةُ فَانتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِن فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

10. Apabila telah ditunaikan sholat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انفَضُّوا إِلَيْهَا وَتَرَكُوكَ قَائِمًا قُلْ مَا عِندَ اللَّهِ خَيْرٌ مِّنَ اللَّهْوِ وَمِنَ التِّجَارَةِ وَاللَّهُ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

11. Dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri (berkhutbah). Katakanlah, “Apa yang di sisi Allah adalah lebih baik daripada permainan dan perniagaan”. Dan Allah Sebaik-baik Pemberi rezki.

PENUTUP

Surat Al-Jumu’ah ini menerangkan tentang pengutusan Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam dan menjelaskan bahwa umatnya akan menjadi mulia karena ajarannya, disusul dengan perumpamaan orang-orang Yahudi dan kebohongan pengakuan mereka dan kemudian diakhiri dengan kewajiban sholat Jumat.

KEUTAMAAN SURAT AL-JUMU’AH

            Surat al-Jumu’ah adalah surat yang biasa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam baca ketika sholat Jum’at pada rakaat pertama dan pada rakaat keduanya surat al-Munaafiquun atau terkadang surat al-Ghasyiyah.

            Dari Ibnu Abbas radliyallahu anhuma bahwasanya Nabi Shallallahu alaihi wa sallam membaca (surat) Alif Laam Miim Tanziil as-Sajadah (surat as-Sajadah surat ke-32) dan Hal ataa alal insaani hiinum minad dahri (surat ad-Dahr/ al-Insan surat ke-76) pada sholat Fajar (shubuh) pada hari Jum’at. Dan Nabi Shallallahu alaihi wa sallam membaca surat al-Jumu’ah (surat ke-62) dan surat al-Munaafiquun (surat ke-63) pada sholat Jum’at. [HR Muslim: 879 (64), 877 (61), Abu Dawud: 1124, Ibnu Majah: 1118 dan at-Turmudziy: 519. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih]. [3]

            Adl-Dlohak bin Qois pernah menulis surat kepada an-Nu’man bin Basyir, “Surat apakah yang biasa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam baca pada hari Jum’at bersama dengan surat al-Jumu’ah?”. Ia menjawab, “Beliau biasa membaca Hal ataaka hadiitsul ghaasyiyah (surat al-Ghasyiyah) padanya”. [HR Ibnu Majah: 1119 dan Abu Dawud: 1123. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih]. [4]

HUBUNGAN SURAT AL-JUMU’AH DENGAN SURAT AL-MUNAFIQUN

  1. Pada Surat al-Jumu’ah Allah menerangkan bahwa orang muslim menjadi mulia karena ajaran Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam sedang pada surat al-Munaafiquun diterangkan bahwa orang-orang munafik karena tidak mau menjalankan ajaran Nabi menjadi sesat dan hina.
  2. Dalam surat al-Jumu’ah orang disuruh meninggalkan perniagaannya untuk pergi sholat Jumat, sedang pada surat al-Munaafiquun diperingatkan agar harta benda dan anak jangan sampai melalaikan orang dari ingat kepada Allah.

[1] Maksudnya: tidak mengamalkan isinya antara lain tidak membenarkan kedatangan Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam

[2] Maksudnya: apabila imam telah naik mimbar dan mu’adzdzin telah adzan di hari Jum’at, maka kaum muslimin wajib bersegera memenuhi panggilan mu’adzdzin itu dan meninggalkan semua pekerjaannya.

[3] Shahih Sunan Abu Dawud: 994, Shahih Sunan Ibnu Majah: 918, Shahih Sunan at-Turmudziy: 428, Irwa’ al-Ghalil: 345 dan Shifat Sholah an-Nabiy Shallallahu alaihi wa sallam halaman 123 karya asy-Syaikh al-Albaniy, Maktabah al-Ma’arif, Cetakan Kedua (cetakan terbaru) tahun 1417H/ 1996M.

[4] Shahih Sunan Ibnu Majah: 918, Muslim: 878 (63), Shahih Sunan Abu Dawud: 993 dan Shifat Sholah an-Nabiy Shallallahu alaihi wa sallam halaman 123.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s