HATI-HATI, ADA BID’AH AWAL TAHUN BARU !!

Fatwa Ulama: Mengkhususkan Malam Awal Tahun Dengan Ibadah

بسم الله الرحمن الرحيم

Fatwa IslamWeb (asuhan Syaikh Abdullah Al Faqih)

Soal:

Apa hukum mengkhususkan awal tahun dengan ibadah sholat malam dan ibadah lainnya? Dan apa hukumnya mengajak orang untuk sholat malam di malam itu serta bangun di malam hari untuk melakukan berbagai ibadah dengan cara berjamaah?

Jawab:

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعـد:

Tidak terdapat riwayat dalam As Sunnah bahwa pada malam awal tahun dikhususkan dengan ibadah. Dan setiap Muslim wajib untuk menjauhkan diri dari perbuatan bid’ah dalam agama. Nabi Shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

من أحدث في أمرنا هذا ماليس منه فهو رد

“Barangsiapa yang membuat-buat perkara baru dalam urusan kami ini (urusan agama), yang tidak ada tuntunan darinya, maka hal itu tertolak

Para ulama mendefinisikan bahwa bid’ah adalah setiap ibadah yang tidak pernah dilakukan oleh Rosulullah Shallallahu ’alaihi wa sallam padahal ketika itu terdapat dorongan (motivasi) terhadap ibadah tersebut serta tidak ada halangan untuk melakukannya.

Selain itu, terdapat riwayat yang melarang mengkhususkan malam Jum’at dengan ibadah. Diriwayatkan Imam Muslim dari hadits Abu Hurairah bahwa Nabi Shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

لا تخصوا ليلة الجمعة بقيام من بين الليالي

“Janganlah kalian mengkhususkan malam Jum’at dengan sholat malam dibanding malam-malam yang lain”

Dengan demikian, jika terlarang mengkhususkan ibadah di malam yang telah jelas diketahui keutamaannya, dibanding malam-malam yang lain, maka mengkhususkan ibadah di malam yang tidak memiliki keistimewaan dan keutaman lebih terlarang lagi.

Lebih lagi, mengkhususkan malam awal tahun dengan kegiatan tertentu merupakan kebiasaan kaum kuffar, dan kita telah dilarang untuk menyerupai mereka. Sehingga mengkhususkan ibadah di malam awal tahun pun terlarang dari sisi ini.

Adapun mengajak orang untuk bangun di malam hari serta sholat malam secara berjamaah, tidak mengapa in syaa Allah. Jika memang tujuannya adalah ibadah dan mengajarkan orang-orang untuk membiasakan sholat malam. Adapun jika kumpul-kumpul tersebut disertai keyakinan bahwa malam tersebut memiliki keutamaan dan keistimewaan tertentu dibanding malam yang lain, maka tidak diperbolehkan dengan alasan-alasan yang sudah disebutkan sebelumnya.

Sumber: http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=57818

Penerjemah: Yulian Purnama

Artikel Muslim.Or.Id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s